7/26/2016

7 Bahan Alami Ini Bisa Hilangkan Bekas Jerawat

7-bahan-alami-menghilangkan-bekas-jerawat

Menghilangkan bekas jerawat bisa dilakukan dengan berbagai cara. Ada yang menggunakan bahan kimia, ada juga yang menggunakan bahan alami. Kedua cara tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya, menggunakan bahan yang mengandung zat kimia sudah pasti akan lebih praktis dan hasilnya lebih cepat dibanding menggunakan bahan alami. Namun, penggunaan bahan kimia untuk bagian tubuh tentunya akan menimbulkan efek samping. Selain itu, terkadang penggunaan bahan kimia akan mengakibatkan ketergantungan penggunaan. Berbeda jika menggunakan bahan alami, sudah jelas lebih aman meskipun hasilnya sedikit lebih lama.

Tapi, semua itu tergantung pilihan masing-masing individu. Dan 7Teratas akan berbagi 7 bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat.

#1 Mentimun


7-bahan-alami-menghilangkan-bekas-jerawat

Selain digunakan sebagai bahan sayuran, mentimun yang mengandung vitamin C ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan merawat kulit wajah.
Penggunaan masker wajah dengan mentimun bisa berguna untuk mengencangkan kulit wajah, memutihkan kulit wajah, mengurangi pembengkakan kantung mata, memperbaiki kulit akibat sengatan sinar matahari, mencerahkan wajah dan menghilangkan bekas jerawat.


#2 Tomat


7-bahan-alami-menghilangkan-bekas-jerawat

Buah tomat mengandung vitamin A, C, K, kalium, folat, thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor, tembaga serta rendah sodium, lemak jenuh, kalori dan kolesterol. Ini sebabnya buah yang juga termasuk bahan sayuran ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh dan kesehatan kulit. Antioksidan dalam buah tomat juga mampu memperbaiki sel-sel kulit mati akibat luka atau sengatan matahari pada wajah.

Cara menggunakannya sama seperti mentimun, dengan menggunakan tomat sebagai masker pada wajah.

#3 Kulit Jeruk


7-bahan-alami-menghilangkan-bekas-jerawat

Tidak hanya pada buahnya, kulit jeruk ternyata banyak manfaat. Kandungan vitamin c dan asam alpha hidroksi yang cukup tinggi pada kulit jeruk mampu membersihkan lubang pori-pori yang tersumbat akibat debu dan kotoran. Silain itu kulit jeruk juga bermanfaat memperbaiki sel kulit mati pada wajah.

Cara pemanfaatan kulit jeruk adalah dengan cara menjemur terlebih dahulu di bawah sinar matahari, sampai benar-benar kering. Kemudian kulit jeruk yang sudah kering tadi di haluskan hingga menjadi bubuk. Campur dengan air bersih, lalu oleskan sedikit pada jerawat atau bekas jerawat. Lalu bilas dengan air, keringkan. Lakukan rutin setiap harinya.


#4 Lemon


7-bahan-alami-menghilangkan-bekas-jerawat

Seperti yang kita ketahui bahwa lemon kaya akan vitamin C. Vitamin C tersebut dapat mempercepat pertumbuhan kolagen dan memperbaiki sel-sel kulit mati, sehingga kulit bisa menjadi bersih kembali.

Caranya cukup mudah. Cukup ambil sedikit perasan jeruk lemon, oleskan pada bekas jerawat, diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain lembut. Lakukan hal ini secara rutin sampai bekas jerawat tersamarkan.

#5 Lidah Buaya


7-bahan-alami-menghilangkan-bekas-jerawat

Siapa yang tidak kenal dengan tumbuhan sejuta manfaat ini. Meskipun baunya kurang di sukai, namun lidah buaya sangat banyak digunakan sebagai bahan pengobatan dan kesehatan. Selain itu, kandungan aloesin dalam lidah buaya dapat menghambat pembentukan melanin (zat warna kulit) yang mengakibatkan kulit menjadi gelap. Kemudian, lidah buaya juga dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak sehingga bekas jerawat tersamarkan.

Kalian cukup mengambil gel yang terdapat di dalam kulit lidah buaya tersebut, haluskan dengan blender atau garpu, lalu oleskan ke bekas jerawat. Diamkan sekitar 15 menit, cuci bersih, dan keringkan. Lakukan secara rutin 2 kali dalam sehari. Biasanya bekas jerawat akan tersamarkan dalam kurun waktu sebulan.

#6 Madu


7-bahan-alami-menghilangkan-bekas-jerawat

Madu merupakan bahan yang paling baik untuk menghilangkan bekas jerawat. Antiseptik yang terkandung pada madu dapat mencegah peradangan dan menjaga kelembaban kulit wajah. Selain itu, madu juga sangat cocok digunakan untuk semua jenis kulit, tidak terkecuali kulit sensitif sekalipun.

Caranya, oleskan madu pada tempat yang ada bekas jerawatnya, biarkan sampai madu mengering, lalu bilas dengan air dan keringkan dengan handuk bersih. Lakukan perawatan ini seminggu 3 kali untuk mendapat hasil yang maksimal.

#7 Es Batu


7-bahan-alami-menghilangkan-bekas-jerawat

Menggunakan es batu adalah cara yang paling mudah dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat. Efek dingin pada es batu dapat menenangkan kulit wajah dan mencegah peradangan.

Dengan es batu yang dibuat dengan air steril, lalu bungkus dengan kain lembut dan bersih, oleskan atau didiamkan es batu tersebut ke bagian bekas jerawat. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini 3 kali sehari secara rutin.

Newest Post


EmoticonEmoticon