7/25/2016

7 Hewan Darat yang Memiliki Kecepatan Super di Dunia

deretan-7-teratas-hewan-darat-tercepat-di-dunia

Ternyata kecepatan manusia kalah unggul dibandingkan hewan darat berkecepatan super di bawah ini. Tentu saja, pada umumnya manusia hanya mampu berlari dengan kecepatan rata-rata sekitar 64 kph. Sedangkan cheetah, yang menduduki posisi teratas hewan darat tercepat di dunia mampu berlari dengan kecepatan 120 kph.

Beberapa hewan memanfaatkan kemampuan berlarinya yang cepat itu untuk memangsa hewan lain atau menghindari ancaman predatornya. Hal tersebut dilakukan dalam upaya mempertahankan hidup agar tetap eksis di alam liar sebagai habitat asli mereka.

Pada artikel ini, 7Teratas telah merangkum deretan 7 hewan darat yang memiliki kecepatan super di dunia, yaitu:

#7 Kuda Amerika

7-hewan-tercepat-di-dunia7
The American Quarter Horse

Hewan darat tercepat di dunia ke 7 adalah The American Quarter Horse. The American Quarter Horse atau yang lebih kita kenal sebagai Kuda Amerika merupakan kuda asli daratan Amerika yang hingga saat ini masih diminati dan populer di daerah asalnya. Di sana, kuda ini biasanya digunakan untuk balapan. Kuda jenis ini mampu mengungguli seperempat mil lebih cepat dibandingkan jenis kuda lain. Hal tersebut yang menjadi alasan kuda jenis ini dijuluki The American Quarter Horse, "Quarter" artinya seperempat.

Meskipun lebih cepat dibandingkan kuda jenis lain, Kuda Amerika hanya mampu berlari cepat dalam jarak pendek. Kecepatan maksimal berlari kuda jenis ini bisa mencapai 75,6 kph.

Selain sebagai kuda balapan, The American Quarter Horse juga banyak digunakan untuk keperluan bekerja karena kuda ini sangat cocok untuk manuver yang rumit dan cepat.


#6 Singa

7-hewan-tercepat-di-dunia6
Singa

Hewan darat tercepat di dunia ke 6 yaitu singa. Singa merupakan salah satu jenis kucing terbesar di dunia. Si Raja Hutan ini memiliki kemampuan berlari dengan kecepatan maksimal hingga 80,4 kph. Meskipun sangat cepat, singa tidak mampu berlari dalam waktu lama. Itu sebabnya singa tidak selalu berhasil menangkap mangsanya saat berburu.



#5 Rusa Afrika (Gazelle Thomson)

7-hewan-tercepat-di-dunia5
Gazelle Thomson

Rusa Afrika adalah hewan darat tercepat ke 5 di dunia. Didaratan Afrika, khususnya di daerah Afrika Timur ada jenis rusa yang sangat populer karena kecepatannya berlari mencapai 85,2 kph. Jenis rusa ini dikenal dengan nama Gazelle Thomson. Dengan tubuh kecilnya, Gazelle Thomson mampu berlari dengan gesit dan lincah terutama saat menghindari predatornya seperti singa, macan tutul, ataupun hyena. Selain larinya yang sangat cepat, Gazelle Thomson juga mampu mengelabui predatornya dengan cara berlari zig-zag bahkan melompat tinggi ke udara sehingga tebebas dari ancaman dan serangan predator.



#4 Rusa Kutub

7-hewan-tercepat-di-dunia4
Rusa Kutub

Rusa Kutub menempati posisi ke 4 dalam daftar hewan darat tercepat di dunia. Selain kemampuannya yang dapat berlari dengan kecepatan super, rusa kutub juga memiliki stamina yang sangat hebat. Rusa kutub dapat mencapai kecepatan berlarinya hingga 90,1 kph. Hewan-hewan predator seperti buaya, cheetah, hyena, bahkan singa sering mengincar rusa kutub untuk menjadikannya santapan. Namun kecepatan belari yang dimiliki rusa kutub terkadang mampu membuatnya terhindar dari serangan predator-predator tersebut.

Rusa kutub ada yang jenis hitam dan jenis biru. Untuk membedakannya dapat dilihat dari bentuk tanduk dan warna bulu.


#3 Antelope

7-hewan-tercepat-di-dunia5
Antelope

Selanjutnya ada antelope di peringkat ke 3 dalam daftar hewan darat tercepat di dunia. Antelope merupakan spesies hewan mamalia asli daratan Afrika, khususnya di Savana. Dengan tubuhnya yang ramping, antelope dapat berlari dengan kecepatan maksimal hingga 93,3 kph. Namun tidak semua jenis antelope dapat berlari secepat itu. Karena ada jenis antelope yang mampu berlari sangat cepat dan ada antelope yang mampu untuk melompat ke udara hingga 3-4 meter. Sama seperti yang lain, kemampuan lari atau melompat seekor antelope biasa digunakan saat menghindari serangan predatornya.


#2 Kijang (Pronghorn)

7-hewan-tercepat-di-dunia2
Kijang

Kemudian, hewan darat tercepat di dunia ke 2 adalah kijang. Pronghorn merupakan hewan yang memiliki kemiripan dengan antelope. Di belahan dunia bagian barat, pronghorn dianggap mamalia yang memiliki kemampuan berlari paling cepat. Para peneliti mencatat, kecepatan maksimal yang dimiliki pronghorn mampu mencapai 98,1 kph. Meskipun tidak secepat dari cheetah, tapi kemampuan berlari dengan durasi yang lama mampu mempertahankan dirinya dari serangan predator tersebut.


#1 Cheetah

7-hewan-tercepat-di-dunia1
Cheetah

Dan di urutan pertama yang sampai saat ini menjadi hewan tercepat di dunia adalah cheetah. Sudah tidak diragukan lagi, rata-rata kemampuan berlari seekor cheetah hingga 114-120 kph.

Hal yang mendukung seekor cheetah mampu berlari sangat cepat adalah cengkeraman cakar cheetah yang kuat mampu memberikan keseimbangan saat berlari. Tidak hanya itu, lubang hidung yang dapat membesar, paru-paru, dan jantung pada seekor cheetah bisa berfungsi optimal untuk memungkinkan peningkatan konsumsi oksigen dan sirkulasi yang lebih efisien ketika berlari. Namun demikian, kecepatan berlari yang dimiliki cheetah tidak mampu bertahan lama. Seekor cheetah biasanya hanya sanggup menempuh jarak kurang dari 500 meter dengan kecepatan maksimal.

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon